15 Mei 2008

Therapy Anis Mogok

Seminggu yang lalu saya baru saja membeli Anis Merah (AM) yang lagi mogok bunyi, tadinya sudah bunyi (ngeplong) meskipun belum pernah teler kata bekas pemiliknya. Sebenarnya saya juga agak ragu karena dengar-dengar AM kalau sudah stress bisa tahunan sembuhnya, tapi karena harganya juga tidak terlalu mahal, jadi ya akhirnya saya beli juga, itung-itung buat mempelajari tabiat AM. Jika dilihat dari penampilan fisiknya sih OK, sehat dan lincah (bukan giras), tapi bunyinya cuma "criiit…criiit" meskipun rutin.

2 hari pertama saya coba full kerodong dengan pola mandi pagi siang malam (disemprot) dan EF (extra fooding) pagi jangkrik 2 dan malam 2, buah hari ke-1 pisang dan hari ke-2 pir. 2 hari berikutnya, saya buka kerodong setengah hari dari jam 7 sampai jam 12 siang. Pola mandi dan makan masih sama dengan sebelumnya. Maksud saya untuk mencoba apakah dengan buka kerodong burung itu mau ngeriwik atau tidak, dan ternyata tidak mau sama sekali. Mulai kemarin, saya coba dengan therapy baru, yaitu:

1. Pagi-pagi (kira-kira jam setengah 6) saya mandikan dengan air dingin.
2. Buka kerodong dan sekalian saya jemur sampai jam setengah 8.
3. EF jangkrik 2 ekor + buah pepaya.
4. Setelah diangin-anginkan sekitar 15 menit, saya tutup lagi kerodong dan saya tempatkan di tempat sepi+agak gelap serta jauh dari suara burung lain.

Saya juga tidak tahu cara ini bakal berhasil atau tidak, terserah Gusti Alloh saja lah. Tapi, jika ternyata 2 bulan masih crat-crit saja ya mending saya buang dan saya ganti dengan MB bakalan.

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda