15 Mei 2008

Mengakses Internet via Indosat Mentari

Tidak bisa dipungkiri lagi, saat ini internet sudah menjadi kebutuhan primer bagi para pemburu informasi. Jika ditinjau ke belakang, beberapa tahun yang lalu, warnet-warnet masih menjadi incaran orang untuk bisa melepaskan hasrat ber-internet-nya, sampai harus ngantri-ngantri dan begadang segala. Namun, saya kira masa itu sudah berlalu dan tidak berlaku lagi untuk saat ini. Warnet-warnet juga tampaknya sudah mulai surut dan tidak sedikit juga yang harus gulung tikar. Salah satu faktor penyebabnya mungkin karena sekarang akses internet bisa dilakukan dengan mudah melalui berbagai cara, diantaranya melalui handphone (dengan operator CDMA maupun GSM). Bagi anda yang mobile (sering keluar rumah/kota) atau di rumah tidak memiliki akses internet sendiri, teknik semacam ini tentu akan efektif jika diterapkan sehingga anda bisa berinternet ria kapanpun dan di manapun. Modalnya hanya HP dan PC/laptop.

Mulanya saya coba untuk mengakses internet menggunakan kartu Simpati karena memang dari dulu saya menggunakan operator ini untuk komunikasi saya setiap hari, jadi ya sekalian, maksudnya biar tidak perlu beli HP lagi, tapi….wah masih mahal bro!! Kayaknya bukan pilihan yang tepat deh. Akhirnya, saya putuskan untuk menggunakan Mentari, jauh lebih murah (asli bukan promosi …hehehe).

Cara settingnya (untuk Mentari):
1. Pastikan GPRS sudah aktif di HP anda dan anda juga sudah bisa browsing via HP.

Untuk setting otomatis, anda cuma perlu ngirim SMS ke 3000 dengan isi pesan:
GPRS .

Ex:
GPRS SE K510i
GPRS Nokia E50
dsb

Untuk setting manual, buat profil baru di HP anda dengan data:

Access Point Name (APN) : indosatgprs
Username : (kosong)
Password : (kosong)

2. Install software PC Suite dari HP yang anda punya

3. Hubungkan HP dengan PC/laptop anda, baik via kabel data, infrared, maupun bluetooth dan pastikan PC/laptop telah mendeteksi HP anda.

4. Jalankan software PC Suite dan buat koneksi baru (biasanya melalui menu atau icon Connect to Internet, Mobile Network Wizard, dsb) dan isikan data:

Access Point Name (APN) : indosatgprs
Username : (kosong)
Password : (kosong)

5. Aktifkan koneksi baru yang sudah dibuat tersebut, and then…. Go!! Connect deh…

Bagi yang sudah nyoba akses internet menggunakan kartu dari operator lain, monggooo…silahkan di-share ilmunya! Maturnuwuuun…

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda